header image

Cara menginstall GnuPG (Free PGP) di Windows

Posted by: | May 15, 2010 | No Comment |

Seperti kita ketahui sekarang ini aplikasi untuk keperluan kriptografi Pretty Good Privacy (PGP) telah menjadi aplikasi yg tidak free alias trialware. Dan untuk bisa meng-encrypt ataupun decrypt email yg akan dikirim atau diterima diperlukan adanya “license number” untuk mengaktifkan fitur ini. Lalu apakah kita harus pasrah ? Jawabannya tentulah tidak !!!. Zaman sekarang sudah banyak berkembang aplikasi yg berbasis “Open Source”, salah satunya telah melahirkan GnuPG. GnuPG merupakan aplikasi untuk keperluan kriptografi yg bebas untuk digunakan dan di-distribusikan.

Lalu bagaimanakah cara menginstall-nya ? Walaupun tak semudah PGP, tapi cara instalasi GnuPG masih tergolong mudah.

1. Download aplikasi GnuPG dari ftp://ftp.gnupg.org/gcrypt/binary/gnupg-w32cli-1.4.9.exe

2. Klik ganda file executable hasil download dan akan muncul gambar tampilan berikut.

Lalu klik next untuk melakukan instalasi. Ikuti petunjuk yg ada sampai dengan selesainya.

3. Klik kanan pada icon “My Computer”, lalu pilih “Properties”. Pilih tab “Advanced”, lalu klik pada “Environment Variables”. Berikut gambar tampilannya :

Untuk pengguna Windows 7 dan Vista bisa klik kanan pada icon “My Computer” (di Start Menu), lalu pilih “Properties”. Pilih “Advanced system settings”, lalu klik pada “Environment Variables”.

4. Setelah muncul form tampilan dari “Environment Variables”, pada “System variables” lakukan scroll down dan carilah dan pilih “Path” variable. Lalu klik “Edit”.

5. Setelah klik “Edit”, akan muncul gambar tampilan seperti di bawah ini. Lalu pergi pada akhir baris kata – kata di dalam text-box “Variable value”, dan tambahkan kata – kata (Path) berikut ini tanpa menggunakan tanda petik (” “) :

“;C:\Program Files\GNU\GnuPG\”

Hal ini diamsusikan bahwa anda menginstall GnuPG dengan menggunakan default directory, dan menggunakan sistem operasi 32-bit. Untuk yang menggunakan sistem operasi 64-bit dengan directory instalasi yg default, tambahkan kata – kata (Path) berikut ini tanpa menggunakan tanda petik (” “) :

“;C:\Program Files (x86)\GNU\GnuPG\”

6. Langkah berikutnya adalah “Restart” komputer anda, agar perubahan ke “Path variable” bisa dilakukan.

7. Untuk mempermudah konfigurasi dan penggunaan GnuPG secara GUI (Graphical User Interface), download-lah aplikasi GPGshell dari http://www.jumaros.de/rsoft/index.html

8. Lakukan extract terhadap hasil download, klik ganda (jalankan) file executable dari hasil extract tersebut, lalu lakukan instalasi dengan mengikuti petunjuk yg ada.

9. Setelah melakukan instalasi, anda akan bisa meng-generate key pair (public / private key) lewat “GPGkeys” di GPGshell. Dan menggunakan fasilitas lainnya yg disediakan juga seperti “GPGtools” ataupun “GPGtray”. Dan anda bisa melakukan encrypt ataupun decrypt dengan meng-klik kanan pada file dan kemudian memilih opsi “GPGshell”, dimana akan muncul opsi – opsi yg bisa dipilih.

Sekian petunjuk instalasi GnuPG di Windows, untuk komentar dan saran bisa anda post di sini.

under: Computer Science

Leave a response






Your response:

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Categories